KENTANG: benarkah bagus untuk penderita diabetes??


Banyak orang percaya bahwa kentang adalah makanan yg bagus sebagai pengganti nasi buat penderita diabetes. Ini perlu diluruskan. Kentang di Indonesia memiliki index glikemik 93, jadi malah lebih jelek daripada nasi. Oleh karena itu kentang jelas kurang baik untuk diet penderita diabetes dan juga kurang baik untuk diet penderita kegemukan.
Kentang sebaiknya jangan dimakan berbarengan dengan nasi, karena mereka adalah sama sama karbohidrat. Dalam porsi yang sama, kentang goreng memiliki kalori lebih tinggi dari pada kentang rebus. Irisan kentang dalam kemasan yang sudah lama dibekukan juga berkurang nilai gizinya, apalagi jika sudah diberi penguat rasa dan pengawet, bukan lagi termasuk makanan sehat.
Daripada makan kentang, sebaiknya penderita diabetes makan nasi beras pecah kulit, banyak sayuran, buah-buahan yang diperbolehkan, tempe dan ikan yang tidak digoreng.

Dr. Junaidi Lesmana
Salatiga

About Jun

Salam Terobosan Hidup Sehat!! Oleh anugrah Tuhan, saya diberi kesempatan menambah ilmu dalam hal Penanganan Kegemukan, Diabetes, Anti aging & Makanan Sehat. Saya bahagia dan bersyukur dalam menekuni profesi saya sebagai Dokter, Counselor dan Pemerhati Makanan Sehat. Saya suka humor, ini penting untuk awet muda dan kesehatan. Saya juga suka travelling, dan wisata kuliner. Setelah menulis lebih dari 50 ulasan tentang hotel, tempat wisata dan restoran, saya mendapat badge Top Contributor dari tripadvisor.com, yaitu sebuah website terbesar tentang tujuan wisata di 5 benua termasuk info hotel, budaya, tempat wisata, tips wisata, restoran dsb, yang berkantor pusat di MA, USA. Oleh kemurahan Tuhan, saya sudah kunjungi >100 kota di 4 benua, baik untuk menimba ilmu maupun untuk berwisata atau kunjungi famili/teman. Lewat Blog ini, saya ingin berbagi tentang 5 hal: 1. Tips Terobosan Hidup Sehat, antara lain tentang Obesitas (kegemukan), Penanganan Diabetes, Hipertensi, Rematik, Makanan Sehat, Lemak/Cholestrol 2. Tips Pencerahan Hati dan Jiwa : ini penting untuk awet muda dan kesehatan anda 3. Humor-humor untuk awet muda 4. Resep Makanan Sehat : penting untuk pencegahan penyakit 5. Info wisata dan foto-foto menarik di berbagai tempat di 4 benua Semoga bermanfaat. NB: Terima kasih untuk Joza dan Anton yang menolong saya untuk membuat Blog ini. GBU
This entry was posted in TEROBOSAN SEHAT, TIPS MAKAN YG SEHAT, TIPS MAKANAN UTK DIABETES and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to KENTANG: benarkah bagus untuk penderita diabetes??

  1. agnes says:

    Thanks dok untuk infonya,selama ini saya pikir kentang baik u penderita diabetes,ternyata malah sebaliknya ya….

  2. Waduh tgs biology ku kyak gini, mengapa penderita diabetes dianjurkan mengkonsumsi kentang ? Gitu berarti soalnya salah donk.

    • Jun says:

      Hallo Aldi..
      memang di neg kita ini bnyk yg msh memegang teori lama bhw kentang itu baik utk pnderita diabetes dan juga dianggap baik utk diet. pdhal kentang itu lbh buruk drpd nasi putih. kentang itu index glikemik (IG)nya 93. gula pasir aja IGnya 100. Klo gurumu gk percaya akan keterangan dr saya, dia blh temui dan nanya ke Prof Dr. Sarwono Waspaji, ahli diabetes, guru saya di FK UI. terima ksh ya Aldi.

  3. Yopie Setiadi says:

    Sekedar info dok, banyak orang yang masih menganggap kentang itu bagus untuk diet dan untuk penderita diabetes. Mungkin lebih baik orang yang berkompeten (seperti dokter) membuat buku yang mengedukasi masyarakat mengenai bahan-bahan makanan (sayur, daging, buah, kacang). Sekedar berbagi pengalaman saja dok, saya pernah melakukan penelitian sendiri (obyeknya diri sendiri) saya mencoba seminggu makan nasi merah, seminggu makan nasi putih, seminggu makan kentang rebus dari hasil penelitian itu, menelan dan mencerna nasi merah lebih sulit daripada menelan dan mencerna nasi putih/kentang rebus. Mungkinkah index glimex nasi putih dan kentang rebus itu hampir sama?

Leave a Reply

