CARA SEHAT BERBUKA PUASA

CARA SEHAT BERBUKA PUASA

Prinsip:
1. TIDAK HARUS manis minuman/makanannya kecuali anda dalam kondisi lemah gemetar keringat dingin, rasa melayang.

2. Dianjurkan mengutamakan makanan yang banyak nutrient spt sayuran hijau, ikan laut bersirip, tempe, kacang2an dan BUKAN mendahulukan makan makanan dari tepung spt kue kering, biskuit, gorengan, kripik yang umumnya tidak cukup nutrient, tinggi kalori, rendah serat.

Sekali lagi, pilihlah yg tidak tinggi kalori. Sebaiknya pilihlah yang banyak cairan, Vitamin, Mineral, Serat, Protein, rendah lemak.

4. Jangan mengagetkan usus dengan memakan makanan tinggi lemak spt gorengan, croissant, soes, lapis legit, mandarin, molen, martabak manis.

Saya amati umumnya takjil itu aneka bubur manis dari pati(tapioka), ketan, gula. Jadi tinggi gula, tinggi kalori, rendah protein dan rendah serat. Ini membuat lonjakan cepat gula darah.

Bubur Biji salak itu lebih sehat karena terbuat dari ubi jalar tapi kuahnya JANGAN dikentalkan dgn tepung pati. Gulanya tentu baik jika dari gula klapa.
Bubur takjil kadang dicampur baur dengan bubur lainnya saat dihidangkan. Isinya banyak karbo simplex yang kurang sehat, rendah serat dan tinggi gula. Kalorinya jadi makin tinggi.
Kalau kondisi anda baik, tidak perlu berbuka dengan makanan minuman berkalori tinggi. Apalagi jika ada diabetes atau gemuk.

BERBUKA YG SEHAT:

1. Saat azan magrib minumlah air putih 1- 2 gelas dan 3- 4 biji kurma yg bagus. Bukan kurma yang gepeng ya. Boleh juga buah tinggi serat seperti apel dan pir seporsi. Kemudian anda segera sholat magrib

2. Sehabis sholat magrib tidak wajib makan camilan. Hindari camilan dari  bahan tepung spt kripik, kue kering, gorengan tepung.

3. Sehabis sholat magrib anda boleh langsung makan malam. Usahakan banyak sayuran hijau. Jangan lupa telur, ikan bersirip, tempe. Nasi secukupnya saja.

4. Sehabis tarawih, bisa makan buah atau menggado sup/tumis sayuran hijau atau kacang rebus.

SAHUR:
Segelas air putih, buah apel atau pir seporsi dan telur/ikan, tempe. Nasi secukupnya aja.
Protein dan serat akan membuat anda kenyang.

dr. Junaidi SL

Posted in TEROBOSAN SEHAT, TIPS MAKAN YG SEHAT, TIPS MAKANAN UTK DIABETES | Tagged , | Leave a comment

HUMOR: KISAH DI RUMAH DUKA

KISAH DI RUMAH DUKA….

Adi yg sdg kuliah di Singapore dipanggil pulang oleh ayahnya ke Jkt krn kakaknya wafat.
Sesampainya di Jkt, Adi langsung ke Rmh Duka tempat jenazah kakaknya disemayamkan. Begitu tiba di Rmh Duka, Adi lgsung teriak histeris menangis sejadi-jadinya di depan sebuah peti jenazah yang sudah ditutup.
Adi : “Kenapa kakak tega begitu cepat meninggalkan adik? Kakak..!! jangan mati kak. .!! Huhuhuhu…..😭😭😭

Salah seorang kerabatnya bergegas mendatangi Adi dan berbisik : “Adi… peti jenazah kakakmu itu ada di ruang sebelah… bukan yg ini….”
Adi: 😭😨:evil:😵

Sementara itu pihak keluarga yang duduk dekat peti jenazah (bukan kakak Adi) pada bengong terheran-heran melihat Adi.

Posted in HUMOR LUCU TENAN | Tagged , , | Leave a comment

SARAPAN SEHAT ala dr. Jun

SARAPAN SEHAT ala dr. Jun

image

Syarat:
Tinggi serat dan protein
Tdk membuat lonjakan gula darah (bagus utk diabetesi dan atau obese)
Bikin kenyang tp tdk bikin ngantuk
Memberi nutrisi pd otak dan organ2 tbh lainnya.

MENU:
telur ayam kampung rebus.
1-2 apel manalagi /pir (kulitnya hrs dimkn)
Air perasan 1 jeruk lemon.
seporsi sayur oseng tempe, buncis/kacang panjang, lombok ijo atau lodeh tempe, kacang panjang, labu siam.
nasi klo perlu, sesuai berat ringan aktivitas

Posted in RESEP MAKANAN SEHAT, TIPS MAKAN YG SEHAT, TIPS MAKANAN UTK DIABETES | Tagged , , , , | Leave a comment

MENCEGAH KAMBUHNYA SARIAWAN

Mencegah Kambuhnya SARIAWAN (Aphtae)

by: dr. Junaidi Lesmana

Dlm mulut yg sehat tersedia good bacteria utk melawan kuman patogen. Mulut yang kekurangan enzim amilase adalah indikator miskinnya jumlah bakteri yang baik/ flora normal dlm mulut. Cukup amilase sangat baik utk pertumbuhan bakteri normal karena pH nya cocok.
PH mulut bisa jadi amburadul karena detergent dari pasta gigi,  rokok dan antiseptik gargle (obat kumur). Kita tahu, smoker(perokok) sering terkena sariawan dan atau gusi bengkak.
PH mulut perokok, pecandu kopi dan pengguna detergent odol dapat turun pHnya ke range di bawah 6 bahkan 5. Pada pH tsb yang berkembang biak malah bakteri gram negatif yang patogenik.

Mineral yg cepat bikin aphtae adl Cl(Chlor). Disinyalir penduduk pesisir banyak terkena sariawan krn asupan garam NaCl berlebihan tanpa diimbangi potasium (K) yang cukup dari sayuran.

Vitamin B12 sangat diperlukan untuk produksi enzim hepar dan ikut membantu liver agar lebih sehat pada pasien fatty liver atau yang diasumsikan livernya lemah karena gangguan metabolisme seperti pada DM (diabetes), hiperlipidemia, atau cacat liver baik karena infeksi atau non infeksi

Produksi enzim dipengaruhi ketersediaan protein, kesehatan liver dan pH. pH terbaik hrs di atas pH netral.
Malnutrisi protein membuat enzim secara keseluruhan berkurang terutama enzim proteolitik n enzim metabolitik..

Cukup makan buah akan bantu perbaiki mikro flora dan membuat pH mulut meningkat, sebaliknya pH lambung jadi rendah dan pencernaan jadi  sehat.
Antibiotik justru ikut membunuh bakteri yang berguna.

Solusinya
1. Gunakan pasta gigi non detergen,
2. lebih banyak makan buahm Tujuannua bukan supaya cukup vit C seperti asumsi kaum awam bahwa vit C bisa mengatasi sariawan. Melainkan  untuk memperbaiki pH mulut dan enzim,
3. berhenti merokok,
4. kurangi/ hentikan kopi (krn bikin mulut asam),
5. minumlah yogurt/ apple cider impor,
Resep untuk kumur :
soda kue 1/2 sdt plus air 200ml.
( baking soda = soda kue)

Antibiotik topikal (harus dioles tepat pada lesi sariawan) mungkin bisa bantu untuk sariawan temporer tapi kurang bisa untuk sariawan (apthae) yang menahun atau yang recurrent (kambuhan), karena persoalannya berasal dari ekosistem mulut keseluruhan.

Posted in TEROBOSAN SEHAT | Tagged , , , , , | Leave a comment

HUMOR SPEAKER MAMA

Seorang anak perempuan di salah satu desa di Tomohon Manado, bertanya pada mamanya…

Anak : “Ma…knapa kalo sy pipis bunyinya halus ??  kalo mama kok pipis berbunyi keras … ?!”

Mama : “kmu tanya aja ke  papa sana …, dia yang bikin rusak mama punya speaker …!!!
Edoe.. Edodo e e e e!                          =))hªª=Dhªª=Dhªª=))  😜hua ha haa=))

Posted in HUMOR LUCU TENAN, TEROBOSAN SEHAT | Tagged , , | Leave a comment

HUMOR DI DENPASAR

Kejadian di Bali nih…           
Selain Air Asia… Lion Air… Wings Air, Susie Air dll, ternyata ada maskapai pendatang baru.

Hal berikut ini, benar2 terjadi di Denpasar :
Kami sering nongkrong di warung jamu tradisional yg rame dekat rumah….   Sepasang bule datang ke warung yang tempatnya tampak meriah dari kejauhan….
Bule kucel backpackers dengan ransel di punggung melangkah percaya diri ke warung jamu.  Dalam hati saya bangga, jamu tradisionil kita sudah dikenal di mancanegara. Buktinya si bule mau mengunjungi warung jamu di Indonesia.

Tapi,  makin dekat ke warung, langkah bule tersebut kelihatan makin ragu, namun tetap saja mendekati kami.  Setelah dekat, salah seorang bertanya ke kami dalam Bahasa Inggris, dengan wajah agak ragu,  “Do you have a direct flight to Jogja for tomorrow ??”
Gantian kami yang bengong, sambil saling berpandangan penuh tanda tanya. Bukan nggak ngerti bahasa Inggris! Tanya tiket pesawat kok di warung jamu?  Karena agak lama kami saling berpandangan tanda bingung, sekali lagi si bule bertanya.  “Air Mancur is a domestic flight, isn’t it ?”.  😨:oops: What???         
                                 
Sampe langsing tuh bule ga bakal nyampe Jogja… Kalau naik Air Mancur…

Posted in HUMOR LUCU TENAN, TEROBOSAN SEHAT | Tagged , , , | Leave a comment

KURMA, BOLEHKAH DIMAKAN PENDERITA DIABETES??

KORMA (DATES) Bolehkah Dimakan Penderita Diabetes?

by dr. Junaidi Lesmana

Perlu sy klarifikasi bhw kurma aman buat penderita Diabet krn Index glikemiknya tidak tinggi dan banyak serat shg gula tidak cepat diserap. Manisnya karena kandungan fruktosa alami yg dominan dan BUKAN glukosa yang dominan. Tentu saja porsi jangan berlebih krn perut kita juga perlu sedia tempat utk diisi banyak sayur dan protein. Kalau durian, sawo dan nangka itu barulah glukosa dominan.

Bagi penderita Diabetes, memakan korma kalau dibarengi dengan makan karbo lain seperti nasi putih, lontong, roti, biskuit, minuman manis..ya tentu gula darah bisa naik. Tapi bukan korma pnyebabnya.

Warna warni korma: yg kuning klo matang kering tetap kuning. Yg merah klo matang kering jd coklat tua. Yg hijau jd coklat muda. Yg hitam tetap hitam misalnya. korma nabi.
Smoga bermanfaat.;)

Posted in TEROBOSAN SEHAT, TIPS MAKAN YG SEHAT, TIPS MAKANAN UTK DIABETES | Tagged , , , , , | Leave a comment