ANGGAPAN YANG SALAH TENTANG LEMAK



Dr. Junaidi Lesmana
Klinik Pesat Salatiga

Banyak anggapan umum bahwa semua lemak itu berbahaya. Ada yang bilang semua lemak jenuh adalah lemak yg tidak sehat dgn alasan tinggi kalori dan kolestrol.  Sementara itu, lemak nabati dianggap aman dan tidak mengandung kolestrol.

Benarkah semua anggapan diatas? Ternyata tidak sepenuhnya benar! Ada sebagian diet low fat yang kebablasan karena salah pengertian tentang lemak. Nyatanya lemak jenuh ada juga yang sehat. Tidak semua lemak jenuh berpotensi jadi kolestrol atau menambah jaringan lemak di tubuh kita. Penambahan jaringan lemak terjadi karena lemak yang kita makan tidak bisa dimanfatkan oleh sel tubuh kita.

Kualitas lemak tergantung komposisi asam lemak esensialnya, kemudahan diserap/dimetabolisir dan ada tidaknya trans fat (lemak trans). Lemak trans justru jarang ada pada lemak jenuh.

Perhatikanlah, orang Yunani dan Eropa umumnya suka makan keju, dressings olive oil, roti  croissant dan mentega butter tapi mereka rata-rata langsing, umur panjang dan jarang terkena penyakit kardiovaskular.

  1. Bagaimana cara memilih minyak goreng yang sehat?

Untuk mudahnya, minyak goreng yang sehat mempunyai syarat antara lain:  mengandung asam lemak esensial, stabil terhadap pemanasan (titik asap tinggi),tidak mudah tengik

Minyak goreng yg sehat antara lain adalah Rice bran oil, minyak kelapa dan minyak sawit dengan syarat : tidak banyak mengalami proses penyaringan.  Jadi kriteria utama yg sekarang dipakai, bukanlah soal jenuh atau tidak jenuh.

Minyak goreng yang dipakai berulang kali akan berubah menjadi trans fat yang berbahaya buat tubuh kita.

2.      Bagaimana dengan buah alpokat? Apakah bikin gemuk, menambah kolestrol?

Buah alpokad mengandung good fat/lemak sehat yang mudah diserap. Juga mengandung klorofil, phytosterol (antioksidan kuat), beta sitosterol (berguna untuk menurunkan LDL) dan folat (baik untuk jantung, saraf dan otak). Alpokad juga baik untuk orang hipertensi.

3.      Apakah kacang tanah juga menambah kolestrol?

Kacang tanah mengandung omega 6 & 9, protein, serat, niacin, folat, vit E, mineral, antioksidan polifenol, resveratrol dan beta sitosterol. Berguna untuk menurunkan kolestrol LDL, menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Jangan digoreng, tapi sebaiknya direbus atau dioven saja atau disangrai tanpa minyak. Peanut butter/mentega kacang  itu sehat asalkan cara pembuatannya benar dan tidak diberi pengawet dan tidak banyak gula pasir.

4.  Keju yang sehat adalah keju yang segar, asli, dan tidak digoreng atau dipanggang.

Keju yang asli mengandung lemak susu yang sehat, protein, karbo, vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Keju lebih mudah diserap usus drpd susu.

5.  Omega 3 (DHA & EPA, ALA)

Omega 3 adalah asam lemak esensial yang penting buat pemeliharaan jantung, peredaran darah, fungsi otak, mata, sendi, anti peradangan dan untuk bantu metabolisme gula darah, lemak. Omega 3 banyak terdapat pada cod oil, salmon oil, bandeng, kacang subtropis (pistachios, almond). Kadar omega3 akan berkurang banyak jika ikan/kacangnya digoreng. Omega 3 dari fish oil dapat langsung diserap oleh tubuh.

6.  Telur : yang  sehat adalah telur ayam kampung rebus dan telur bebek rebus. Kuning telurnya aman dan sehat. Jangan takut kolestrol naik asalkan makan 1-2 butir saja dan direbus, tdk digoreng.

7.  Butter: lebih sehat daripada margarin. Butter buatan eropa umumnya relatif berkualitas baik. Pilihlah yang Unsalted/tidak digarami.

About Jun

Salam Terobosan Hidup Sehat!! Oleh anugrah Tuhan, saya diberi kesempatan menambah ilmu dalam hal Penanganan Kegemukan, Diabetes, Anti aging & Makanan Sehat. Saya bahagia dan bersyukur dalam menekuni profesi saya sebagai Dokter, Counselor dan Pemerhati Makanan Sehat. Saya suka humor, ini penting untuk awet muda dan kesehatan. Saya juga suka travelling, dan wisata kuliner. Setelah menulis lebih dari 50 ulasan tentang hotel, tempat wisata dan restoran, saya mendapat badge Top Contributor dari tripadvisor.com, yaitu sebuah website terbesar tentang tujuan wisata di 5 benua termasuk info hotel, budaya, tempat wisata, tips wisata, restoran dsb, yang berkantor pusat di MA, USA. Oleh kemurahan Tuhan, saya sudah kunjungi >100 kota di 4 benua, baik untuk menimba ilmu maupun untuk berwisata atau kunjungi famili/teman. Lewat Blog ini, saya ingin berbagi tentang 5 hal: 1. Tips Terobosan Hidup Sehat, antara lain tentang Obesitas (kegemukan), Penanganan Diabetes, Hipertensi, Rematik, Makanan Sehat, Lemak/Cholestrol 2. Tips Pencerahan Hati dan Jiwa : ini penting untuk awet muda dan kesehatan anda 3. Humor-humor untuk awet muda 4. Resep Makanan Sehat : penting untuk pencegahan penyakit 5. Info wisata dan foto-foto menarik di berbagai tempat di 4 benua Semoga bermanfaat. NB: Terima kasih untuk Joza dan Anton yang menolong saya untuk membuat Blog ini. GBU
This entry was posted in LEMAK, TEROBOSAN SEHAT, TIPS MAKAN YG SEHAT and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s