CARA SEHAT BERBUKA PUASA

CARA SEHAT BERBUKA PUASA

Prinsip:
1. TIDAK HARUS manis minuman/makanannya kecuali anda dalam kondisi lemah gemetar keringat dingin, rasa melayang.

2. Dianjurkan mengutamakan makanan yang banyak nutrient spt sayuran hijau, ikan laut bersirip, tempe, kacang2an dan BUKAN mendahulukan makan makanan dari tepung spt kue kering, biskuit, gorengan, kripik yang umumnya tidak cukup nutrient, tinggi kalori, rendah serat.

Sekali lagi, pilihlah yg tidak tinggi kalori. Sebaiknya pilihlah yang banyak cairan, Vitamin, Mineral, Serat, Protein, rendah lemak.

4. Jangan mengagetkan usus dengan memakan makanan tinggi lemak spt gorengan, croissant, soes, lapis legit, mandarin, molen, martabak manis.

Saya amati umumnya takjil itu aneka bubur manis dari pati(tapioka), ketan, gula. Jadi tinggi gula, tinggi kalori, rendah protein dan rendah serat. Ini membuat lonjakan cepat gula darah.

Bubur Biji salak itu lebih sehat karena terbuat dari ubi jalar tapi kuahnya JANGAN dikentalkan dgn tepung pati. Gulanya tentu baik jika dari gula klapa.
Bubur takjil kadang dicampur baur dengan bubur lainnya saat dihidangkan. Isinya banyak karbo simplex yang kurang sehat, rendah serat dan tinggi gula. Kalorinya jadi makin tinggi.
Kalau kondisi anda baik, tidak perlu berbuka dengan makanan minuman berkalori tinggi. Apalagi jika ada diabetes atau gemuk.

BERBUKA YG SEHAT:

1. Saat azan magrib minumlah air putih 1- 2 gelas dan 3- 4 biji kurma yg bagus. Bukan kurma yang gepeng ya. Boleh juga buah tinggi serat seperti apel dan pir seporsi. Kemudian anda segera sholat magrib

2. Sehabis sholat magrib tidak wajib makan camilan. Hindari camilan dari  bahan tepung spt kripik, kue kering, gorengan tepung.

3. Sehabis sholat magrib anda boleh langsung makan malam. Usahakan banyak sayuran hijau. Jangan lupa telur, ikan bersirip, tempe. Nasi secukupnya saja.

4. Sehabis tarawih, bisa makan buah atau menggado sup/tumis sayuran hijau atau kacang rebus.

SAHUR:
Segelas air putih, buah apel atau pir seporsi dan telur/ikan, tempe. Nasi secukupnya aja.
Protein dan serat akan membuat anda kenyang.

dr. Junaidi SL

About Jun

Salam Terobosan Hidup Sehat!! Oleh anugrah Tuhan, saya diberi kesempatan menambah ilmu dalam hal Penanganan Kegemukan, Diabetes, Anti aging & Makanan Sehat. Saya bahagia dan bersyukur dalam menekuni profesi saya sebagai Dokter, Counselor dan Pemerhati Makanan Sehat. Saya suka humor, ini penting untuk awet muda dan kesehatan. Saya juga suka travelling, dan wisata kuliner. Setelah menulis lebih dari 50 ulasan tentang hotel, tempat wisata dan restoran, saya mendapat badge Top Contributor dari tripadvisor.com, yaitu sebuah website terbesar tentang tujuan wisata di 5 benua termasuk info hotel, budaya, tempat wisata, tips wisata, restoran dsb, yang berkantor pusat di MA, USA. Oleh kemurahan Tuhan, saya sudah kunjungi >100 kota di 4 benua, baik untuk menimba ilmu maupun untuk berwisata atau kunjungi famili/teman. Lewat Blog ini, saya ingin berbagi tentang 5 hal: 1. Tips Terobosan Hidup Sehat, antara lain tentang Obesitas (kegemukan), Penanganan Diabetes, Hipertensi, Rematik, Makanan Sehat, Lemak/Cholestrol 2. Tips Pencerahan Hati dan Jiwa : ini penting untuk awet muda dan kesehatan anda 3. Humor-humor untuk awet muda 4. Resep Makanan Sehat : penting untuk pencegahan penyakit 5. Info wisata dan foto-foto menarik di berbagai tempat di 4 benua Semoga bermanfaat. NB: Terima kasih untuk Joza dan Anton yang menolong saya untuk membuat Blog ini. GBU
This entry was posted in TEROBOSAN SEHAT, TIPS MAKAN YG SEHAT, TIPS MAKANAN UTK DIABETES and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s